Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Asupan Gizi Seimbang Itu Banyak Manfaatnya

Dulu nama yang dikenal dengan Gizi Seimbang adalah Empat Sehat Lima Sempurna, sekarang diperkenalkan kepada masyarakat dengan nama gizi seimbang. Konsumsi Karbohidrat, Protein Hewani, sayur mayur, buah-buahan, dan lauk pauk lainnya yang mempunyai protein tinggi. Selain gizi seimbang juga harus germas, maksudnya gerakan masyarakat hidup sehat, dimana sarapan pagi, berolahraga, minum air putih yang cukup, makanan bergizi, rutin periksa kesehatan di fasilitas kesehatan, dan cuci tangan pakai sabun saat mau makan dan minum atau saat beraktivitas tertentu.

Anjuran dari Kementerian Kesehatan ini sangat bagus jika dilaksanakan dengan baik, namun terkadang juga di masyarakat yang hidup dalam kondisi ekonomi yang butuh perhatian khusus, terkadang untuk konsumsi gizi seimbang juga susah, harusnya sehari makan 3x, kadang juga mereka yang dibawah garis kemiskinan makan hanya 2x itu pun lauk pauknya seadanya. Wajar jika pemerintah memperhatikan nasib masyarakat yang ekonominya sulit.

Menanam sayuran dirumah atau dikebun itu sebagai salah satu cara menuju asupan gizi yang baik, selain itu di dalam kebun kita ditanami buah pisang, atau misalkan buah lainnya yang nantinya bisa di jadikan sebagai sumber gizi keluarga, begitu pula dengan beternak ayam, awalnya beli satu pasang, lama kelamaan akan berkembang biak, lalu dagingnya bisa saja di makan untuk konsumsi keluarga, atau bisa untuk dijual untuk menambah penghasilan.

Menurut DR. dr. Rasipin, M.Kes Dokter Keluarga saat periksa di Kliniknya, mengatakan kepada anakku, mas fahmi harus suka makan sayur mayur, karena dengan konsumsi sayur mayur itu adalah antibiotik bagi tubuh kita, secara alami bisa menjadi salah satu yang membikin kulit jadi halus, begitu pula tidak mudah kena sakit gatal kulit, ayo dicoba dan rasakan manfaatnya, begitu cara dia kepada anakku sebagai motivasi. (BU)

KBC-01

KBC-01

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *