Soswatif Bawaslu Brebes
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Bawaslu Selenggarakan Sosialisasi Pengawas Pemiu Partisipatif

Info Pemilu 2024 – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Brebes selenggarakan sosialisasi pengawasan pemilu pertisipatif (Soswatif) di Kabupaten Brebes bertepat di Remoo Meeting Room lantai 2 Dedy Jaya Hotel Brebes, Rabu (14/12/2022).

Kegiatan ini sebagai upaya melibatkan masyarakat dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 yang akan datang  khususnya terkait dengan  pengawasan partisipatif, keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu menjadi sangat penting guna mewujudkan mimpi terselenggaranya pemilu yang baik.

Hadir pada kegiatan soswatif forum Komunitas Jurnalis Warga dari JW Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (JW PPMN) Kabupaten Brebes yang terdiri dari beberapa komunitas jurnalis warga dari komunitas yang ada di Kabupaten Brebes dan JW dari Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah ( FKDT ) Kabupaten Brebes, diharapkan keterlibatannya sebagai partisipasi dalam penyelenggaraan pengawasan pemilu.

Drs. Kukuh Prasetyo, M.Si Kabid Politik dalam negeri Bidang Politik dalam Negeri dan Organisasi Kesbangpol Kabupaten Brebes sebagai narasumber menyampaikan bahwa masyarakat harus turut berpartisipasi dan terlibat dalam pembangunan, politik dan demokrasi.

” Ketentuan partisipasi masyarakat tertuang dalam Undang – Undang No 7 Tahun 2017 Pasal 448 tentang Pemilu, partisipasi msyarakat bisa dalam bentuk ; sosialisasi pemilu, pendidikan politik bagi pemilih, survei atau jajak pendapat tentang pemilu dan penghitungan cepat hasil pemilu ” paparnya.

Masih menurut kukuh, walaupun penting keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu ini juga harus memiliki ketentuan atau batasan diantaranya ; tidak boleh masyarakat melakukan keberpihakan yang menguntungkan dan merugikan peserta pemilu, tidak mengganggu proses penyelenggaraan tahapan pemilu, dan meningkatkan partisipasi polik masyarakat yang luas.

” hal yang juga sangat penting adalah mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan pemilu yang aman, damai, tertib dan lancar ” teganya.

 

Kontributor : Aziz Amin

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.