WhatsApp Image 2022-05-23 at 10.18.28
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Cara Cek DPT Anda di Pemilu 2024

Pemilu resmi dilaksanakan pada taun 2024 setelah diputuskan oleh DPR RI melalui Komisi II. Itu berarti tahun 202 nanti kita akan melakukan pemilihan umum mulai dari DPRD Kabupaten Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan tidak ketinggalan Presiden dan Wakil Presiden.

Sebagai warga negara yang baik pastinya kita tidak ingin melewatkan pesta demokrasi yang diselenggarakan 5 tahun sekali ini. Tentu saja sebelum pemilu diselenggarakan, Komisi Pemilihan Umum atau KPU akan merilis Daftar Pemilih Tetap atau yang sering disebut dengan DPT. DPT tentu saja memuat nama – nama pemilih yang dipastikan untuk mengikuti pemilihan umum di TPS yang telah ditentukan.

Untuk mengetahui apakah kita sudah terdaftar di DPT atau belum tentu saja sangat penting, dikarenakan jika kita belum terdaftar di DPT akan merepotkan bagi kita saat pemilu nanti. Untuk itu KPU telahh memberikan beberapa akses yang diberikan kepada masyarakat bagaimana cara memeriksa apakah kita sudah terdaftar di DPT atau belum. Caranya yaitu :

1. Kunjungi website lindungihakmu.kpu.go.id

Salah satu sub domain KPU ini berfungsi untuk mengecek kepesertaan anda di DPT yang nantinya bisa anda gunakan untuk mengecek semua warga yang memiliki hak pilih di pemilu 2024. Selain itu anda juga bisa membetulkan data anda bahkan melaporkan data anda jika terdapat kekeliruan.

2. Download Aplikasi Lindungi Hakmu di Play Store atau App Store

Bagi anda pengguna Handphone entah itu berbasis android maupun IOS anda bisa mendownload aplikasi Lindungi Hakmu di Pusat Aplikasi di Handphone anda. Hal ini memudahkan anda jika anda memerlukan akses melalui handphone anda.

Tentunya penggunaan cek DPT sangat mudah anda tinggal memilih Kabupaten anda tinggal sesuai kartu identitas anda dan masukan NIK anda lalu pilih cari, lalu hasil akan keluar dengan cepat. Jika hasil keluar tidak sesuai anda bisa segera melapor sesuai dengan menu yang ada.

Tentunya pengecekan DPT jauh – jauh hari perlu dilakukan agar kita bisa mengikuti Pemilihan Umum 2024 dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Karena setiap suara yang anda berikan sangat menentukan bagi kemajuan Negara Republik Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.