banjarharjo3
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Cara Memberikan Layanan Pendampingan Bagi FMPP Kepada ATS

Mendampingi Anak tidak sekolah agar kembali bersekolah itu salah satu tugas dari pengurus Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP), dimana forum ini dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Kelurahan sesuai amanat Perbup 115/2017.  Kewenangan pembentukan sesuai dengan jenjang tingkatannya, Jika Kabupaten maka wewenang Bupati untuk menetapkan SK FMPP Kabupaten, jika Pengurus Kecamatan maka SK Camat sebagai regulasi hukumnya dalam melaksanakan dan mendukung program Gerakan Kembali Bersekolah, demikian juga SK Kepala Desa untuk menetapkan kepengurusan FMPP Desa.

Unsur yang terlibat di masing-masing jenjang, disesuaikan dengan kebutuhan saja, minimal ada unsur Ketua, Sekretaris, Bendahara, 4 Bidang ditambah dengan anggotanya. Mereka berasal dari keterwakilan berbagai komponen masyarakat baik dari Unsur Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Organisasi Profesi, LSM, Media, Aktivitis Pendidikan, unsur kepemudaan, unsur perempuan dan Perangkat Desa/Kelurahan/Kecamatan atau dari Unsur Organisasi Perangkat Daerah yang diminta tenaga, pikiran, dan sumbangsih ilmunya untuk membantu dan mendukung proses pengembalian ATS kembali bersekolah, sehingga dipastikan dari jenjangnya tetap bersekolah hingga lulus SMA/SMA/SMK/MA.

Apa yang dikerjakan FMPP untuk GKB

Bagi mereka yang duduk di kepengurusan Kabupaten, maka tugas FMPP Kabupaten adalah melakukan perencanaan program dan kegiatan, mengawal baseline ATS, mendampingi pelaksanaan Gerakan Kembali Bersekolah dan melakukan jejaring dengan stakeholder terkait.
Begitu pula dengan FMPP tingkat Kecamatan : melakukan perencanaan program dan kegiatan FMPP, mengawal pelaksanaan Gerakan Kembali Bersekolah di tingkat Kecamatan, dan melakukan jejaring dengan stakeholder terkait. dan FMPP Tingkat Desa : melakukan perencanaan program dan kegiatan FMPP, mengawal pelaksanaan Gerakan Kembali Bersekolah di tingkat Desa, dan melakukan jejaring dengan stakeholder terkait

Tugas dan Fungsi  FMPP :

  • Bidang Verifikasi Data : melakukan pendataan dan verifikasi data anak tidak sekolah yang akan dikembalikan baik formal maupun nonformal.
  • Bidang Penggalangan Dana : melakukan pencarian dan penggalangan dana dari masyarakat dan dunia usaha untuk pembiayaan pengembalian anak sekolah dan keberlanjutan sekolah.
  • Bidang Pengembalian Anak Sekolah : melakukan advokasi kepada anak dan keluarga, melobi pihak sekolah/PKBM, koordinasi dengan UPTD Dikpora dan Kantor Kemenag.
  • Bidang Pendampingan Anak Sekolah : memastikan anak tetap sekolah, mamantau perkembangan anak sekolah.

Dari 4 bidang yang ada, proses yang paling penting dan membutuhkan penanganan serius adalah pada proses pendampingan, selain memastikan administrasi kelengkapan masuk ke sekolah dilengkapi, juga memberikan motivasi baik kepada ATSnya, maupun kepada keluarganya. Sehingga anak ini benar-benar terlayani dengan baik, ketika ada masalah dengan sekolah atau dengan anaknya, pihak FMPP juga paham dengan solusi yang akan diberikan. Terkadang ATS yang sudah kembali bersekolah, ditengah perjalanan mengalami rasa malas, atau misalkan nakal dan mengganggu temannya, lalu oleh sekolah malah menjadi masalah bagi anak-anak lainnya, maka disinilah FMPP, orang tua dan sekolah secara bersama-sama membahas solusi yang perlu diupayakan agar anak ini tetap sekolah dan tidak drop out.

Selain mendampingi anak tetap sekolah, juga FMPP memastikan sumber pembiayaan yang ada bagi anak tersebut, dimana selalu berkomunikasi dengan pihak Kabupaten, Kecamatan, dan Desa, agar anggaran yang diterima benar-benar tepat sasaran dan tepat penggunaan. Walaupun secara financial para pengurus FMPP ini tidak mendapatkan hak honor atau uang bulanan, karena keterbatasan dana yang ada, terkadang juga tidak dialokasikan dari desa, sangat kecil sekali operasional yang diberikan, namun konsep sementara ini yang dilakukan memang ikhlas beramal, mereka bergerak untuk nasib terbaik bagi anak-anak di Kabupaten Brebes.

Bagaiamana FMPP mengambil data ATS

Semua pengurus FMPP dalam mengambil data sesuai dengan regulasi di Perbup No 115/2017 pasal 11 Sumber data berasal dari :

  • Satuan pendidikan (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA)
  • Pemerintah desa/kelurahan dengan metode SIPBM.
  • BPS.
  • Penanggungjawab di satuan pendidikan adalah Kepala UPTD Dikpora/Korwilcam
  • Penanggungjawab di tingkat desa adalah Kecamatan
  • Desa melaporkan Anak Tidak Sekolah ke Kecamatan.
  • Rekap keseluruhan Kecamatan setelah diverifikasi dan divalidasi menjadi wewenang Camat setelah mendapatkan persetujuan dari Kepala UPTD Dikpora/Korwilcam  dan dilaporkan ke Dinkdipora Kabupaten.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.