IMG_20200307_080952684
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Dukungan CSR Untuk GKB Mutlak Diperlukan

Konsep pembangunan di daerah harus ada keterlibatan semua unsur, dikenal dengan  ‘pentahelix’, di mana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan.

Pentahelix sangat dibutuhkan, karena Pemerintah bertugas untuk membuat kebijakan dalam perencanaan dan implementasi program agar bisa berjalan dengan baik dan berkesinambungan, masyarakat atau komunitas membantu mendorong program yang di gerakan oleh Pemerintah bisa sukses dan menjadi human interest, bahasa kerennya adalah story of change atau cerita untuk perubahan, pihak akademisi untuk kekuatan knowledge power menghadirkan ilmu yang menghadirkan hidup ini lebih cepat, lebih murah, lebih berfaedah. Sedangkan para pebisnis atau pengusaha mendukung program penerima sasaran agar berkualitas, dan yang terakhir adalah media untuk memberitakan dan mempublikasikan karya nyata dari program tersebut agar terbaca dan terdokumentasi dengan baik, sehingga semua dapat merasakan akan program yang mau dicapai.

GKB adalah sebuah gerakan dari masyarakat Brebes dengan keterlibatan semua unsur, wajar jika program ini menjadi program andalan bagi Pemerintah Kabupaten Brebes dalam bidang pendidikan, dengan cara mengembalikan anak tidak sekolah (ATS) yang tersebar di 297 desa/kelurahan agar kembali bersekolah. Tentunya mekanisme yang ada tidak bisa secara instan saja, tapi berdasarkan proses. Proses ini harus dilalui oleh peserta didik, sesuai dengan pilihan saat kembali bersekolah.

Mereka yang difasilitasi adalah anak tidak sekolah yang kembali bersekolah baik di formal maupun non formal, dibuktikan dari dokumen kependudukan peserta didik, maka jika itu anak Brebes akan mendapatkan haknya dengan baik, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, anak yang sekolah di luar Brebes tidak masalah, asalkan di dokumen KK anak tersebut adalah penduduk Brebes, termasuk anak tersebut telah difasilitasi oleh FMPP Desanya dan ditetapkan dalam SK Bupati sebagai penerima GKB di setiap tahun penetapan.

Prosedur CSR untuk GKB

Para Pebisnis atau Instansi yang mempunyai CSR seperti Perusahaan Daerah Brebes baik PDAM, Bank milik Pemda, BPR yang ada di Kabupaten Brebes, PT. KAI, Perusahaan Milik BUMN yang ada di Brebes, maupun Perusahaan Asing yang beroperasi di Kabupaten Brebes maka bisa memberikan dukungan CSR nya kepada Anak Tidak Sekolah (ATS) yang kembali bersekolah lewat GKB. Kelebihan dukungan CSR melalui GKB, karena ada list by name by address, dan sebarannya adalah setiap Kecamatan ada anak tersebut, termasuk ada pengurus FMPP yang membantu untuk melakukan mobilisasi ATS yang akan menerima CSR saat proses pembagian dukungan CSR perusahaan tersebut.

Kelebihan kedua, adalah ATS GKB ini 80 persen adalah dari keluarga tidak mampu, artinya sangatlah tepat jika mereka mendapatkan CSR dan kemudian bisa diwujudkan dalam bentuk tabungan sekolah, atau bisa bentuk seragam sekolah, ataupun perlengkapan sekolah, dan pengadaan paket CSR dari perusahaannya, hanya nanti sekretariat GKB akan menyeleksi kebutuhan nama yang akan memperoleh CSR, karena tidak bakalan semua ATS yang difasilitasi GKB dengan ribuan ini akan mendapatkan CSR dari satu perusahaan, karena terbatasnya dana mereka.

Sekretariat CSR GKB ada di Pemsosbud Bapperlitbangda, dan siapapun yang ingin berpartisipasi untuk dukungan anak GKB atau misalkan dukungan untuk pengurus FMPP Desa atau FMPP Kecamatan bisa saja berupa natura atau biaya operasional kepada organisasi tersebut, karena organisasi tersebut juga membutuhkan fasilitasi CSR dari Perusahaan, dan FMPP ini bergerak untuk Pendataan, Rekonfirmasi, Pendampingan, dan Penggalangan dana swadaya dan CSR.

FMPP Desa atau Kecamatan juga bisa menggalang dana dari para agniya, tentunya disesuaikan dengan wilayah kerja, karena dalam Perbup 115/2017 disebutkan bahwa FMPP Desa atau Kecamatan diperbolehkan untuk menggalang dana khususnya untuk ATS dan operasional lembaga tersebut.

Penulis : Bahrul Ulum | Kompasianer Brebes | KBC-01 Brebes

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.