BPD tematik
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Even Menulis Kombes Tematik ” Badan Permusyawaratan Desa”

Even Menulis Kombes (EMK) kali ini mengambil tematik tentang Badan Permusyawaratan Desa ( BPD), kenapa menjadi penting untuk ditulis, karena fakta dilapangan terkadang antara regulasi yang ada dengan realita yang terjadi berbanding terbalik, sehingga kombes bekerjasama dengan Koordinator Fitra Brebes untuk mengadakan even menulis bagi para kompasianer Brebes yang tergabung dalam Kombes.

Dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa pada pasal 54, dijelaskan bahwa musyawarah desa merupakan forum pemusyawaratan yang diikuti oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pemerintah Desa (PD), dan unsur masyarakat desa yang bertujuan untuk memusyawarahkan hal yang bersifat strategis dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa.

Selama ini apakah BPD itu memiliki kekuatan yang kuat sesuai dengan regulasi undang-undang, atau sebaliknya, bagaimana peran BPD selama ini di Kabupaten Brebes, baik di desa yang intervensi program Fitra Jateng ataupun diluar desa program Fitra, sehingga ada balancing informasi yang terjadi selama ini.

Ide-Ide membangun desa mestinya ditampung oleh Badan Permusyawatan Desa (BPD) setelah itu dimufakatkan bersama dalam musyawarah pembangunan desa sehingga dapat direncanakan dengan baik antara pemerintah dengan masyarakat. Posisi BPD harus mampu menerima masukan masyarakat secara terbuka, dan menyalurkan aspirasi masyarakat yang ada, sehingga partisipasi warga menjadi penting.

Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa pasal 61 bahwa BPD berhak:
a. Mengawasi dan meminta keterangan tentang penyelenggaraan Pemerintahan Desa kepada Pemerintah Desa;
b. Menyatakan pendapat atas penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pelaksanaan Pembangunan Desa, Pembinaan kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan masyarakat Desa; dan
c. Mendapatkan biaya operasional pelaksanaan tugas dan fungsinya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.

Disinilah kemudian kombes membuka ruang menulis tematik tentang BPD, dengan target selama sebulan ini adalah 10 artikel yang berhubungan dengan BPD, akan dilanjutkan pada bulan berikutnya tentunya melihat hasil tulisan para anggota kombes yang sudah masuk dalam register.

Ada EMK Reward atas tulisan dari masing-masing anggota Kombes saat sudah mempublikasikan artikel yang ada tentunya denga syarat dan ketentuan yang sudah disetujui oleh admin kombes dan anggota kombes yang minat mengikuti even menulis ini. Selamat menulis buat anggota kombes, sukses semua.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.