Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Galon Air, Jurus Mengurangi Dehidrasi Bagi Keluarga

Sebagian rumah baik di Pedesaan maupun di Perkotaan, mereka rata-rata memiliki galon air untuk kebutuhan konsumsi rutin keluarga, ada yang digunakan untuk masak di dapur, ada juga digunakan untuk air minum rutin bagi keluarga dirumah. Kata pentingnya adalah saat mau diminum air usahakan sudah masak dulu artinya sudah melalui perebusan agar kondisi sudah masak. Karena kalau air galon mentah nanti akan berbahaya bagi tubuh kita, bakteri e-coli akan masuk dalam tubuh kita dan bisa-bisa memberikan dampak negatif berupa diare ataupun muntaber.

60 persen tubuh kita butuh air, sehingga tidak kuat karena kekurangan air daripada kurang makan, wajar jika setiap hari manusia harus minum air agar kebutuhan cairan harian ditubuh kita tercukupi. Kecukupan air tergantung aktivitas kita sehari-hari, kalau banyak bergerak dan bekerja di sawah misalnya, pastinya cairan yang kita keluarkan akan semakin banyak, lewat keringat dalam tubuh kita.

Ada beberapa model pengisian galon yang sering kita lihat, pertama air PAM dimasak dulu kemudian di dinginkan, lalu baru di taruh di galon yang kita punyai, kemudian di tutup dengan plastik atau tutup botolnya, bisa juga pakai tutup gelas. Kemudian setiap hari kita ambil gelas atau botol kecil untuk konsumsi rutin, sehingga posisi air benar-benar dari air masak.

Ada juga model beli air kemasan atau air isi ulang di depot isian ulang air gunung, mereka menjualnya kisaran 4.000 – 13 rb tergantung air gunung biasa atau air RO, karena akan berbeda harganya dan juga rasanya. Pastinya di dalam rumah kita harus tersedia galon air untuk stok air yang siap di minum.

Bagi orang pegunungan tentunya tidak begitu sulit untuk mendapatkan air, karena kebutuhan air pegunungan tersedia, namun mereka juga harus punya tandon air, untuk menampung dan kemudian tetap saja air harus di masak dulu, di endapkan bisa lewat gentong biar dinginnya terasa, kemudian ada juga yang sengaja air masak tersebut di endapkan sampai tidak panas, kemudian baru dipindahkan ke galon, lalu galon inilah yang dibawa ke dalam rumah untuk nantinya diisi ke botol dan diminum rutin bagi kita.

KBC-01

KBC-01

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *