IMG_20200301_083956
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Gerakan Kembali Bersekolah Hadiah Untuk Hari Pendidikan

Kabupaten Brebes sejak 10 Juli 2017 membuat program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa. GKB ini mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak karena sangat membantu orang tua yang tidak mampu membiayai anak-anaknya bersekolah.

Tanggal 2 Mei adalah peringatan tahunan Hari Pendidikan, sebuah hari bersejarah sebagai pengingat betapa pentingnya mengenyam bangku pendidikan. Zaman dahulu masih banyak orang tidak sekolah, hanya dari golongan tertentu saja yang bisa menikmati bangku pendidikan hingga sarjana.

Namun kini semua anak bisa sekolah setinggi mungkin asalkan ada kemauan, jangan sampai ada anak putus sekolah(ATS) terutama di Kabupaten Brebes. GKB di bentuk dengan membentuk lembaga yang disebut Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) yang ada pada tiap kecamatan. FMPP ini membantu memperkuat kebijakan pemerintah dengan program GKB sehingga tujuan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bidang pendidikan bisa tercapai di Kabupaten Brebes khususnya.

Penanggungjawab GKB Ir. Djoko Gunawan, MT juga selaku Sekda Brebes mengatakan, GKB adalah upaya Pemkab untuk mengatasi Anak tidak sekolah (ATS) Kembali Bersekolah, tentunya dengan 3 kriteria yang ada, yakni belum sekolah, putus sekolah dan lulus tidak lanjut.

” Pastikan semua anak di Brebes harus sekolah, mereka punya hak untuk memperoleh pendidikan, dukungan Semua Komponen sangat penting dalam mensukseskan GKB, Laporkan ke desa jika ada ATS tidak sekolah,” tegasnya.

GKB adalah hadiah untuk Hari Pendidikan karena dengan program ini maka pendidikan di Indonesia akan meningkat, seluruh rakyat Indonesia diharapkan semua berpendidikan sehingga akan meningkatkan kualitas bangsa di mata dunia. GBK juga sebagai wujud mendukung perjuangan Ki Hadjar Dewantara yang telah sukses menjadi tokoh pendidikan untuk Indonesia, demi majunya Indonesia.

Marilah kita semua bersama-sama peduli pada pendidikan, jangan sampai di sekitar kita ada ATS. FMPP akan bergerak nyata turun ke lapangan membantu mengentaskan ATS agar mendapatkan haknya, meringankan beban orang tua dan memajukan kecerdasan bangsa.

Selamat Hari Pendidikan Nasional, Semoga pendidikan di Indonesia makin bagus dan menciptakan generasi penerus yang hebat.

Penulis : Vera Shinta ( Kompasianer Taruna Brebes Tinggal di Paguyangan)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.