tonjong 3
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Guru Madin Menjadi Garda Terdepan Dalam Perubahan Perilaku Pemilu

Brebes (kombes.net) – Kepercayaan masyarakat kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakat masih menjadi media konsultasi bagi warga saat ada pesta demokrasi yakni Pemilu, Pilkada hingga Pilkades, wajar saja jika Badan Pengawas Pemilian Umum (Bawaslu) melakukan MOU dengan Forum Komunikasi Madrasah Diniyah Taklimiyah (FKDT) tingkat Kabupaten. Kerjasama ini diharapkan menjadi media untuk melakukan edukasi pemilu sekaligus juga menaikkan angka partisipasi warga dalam menggunakan hak pilihnya saat pemilu 2024.

” Pemilu itu penting, maka bagi mereka yang sudah mempunyai hak pilihnya di tahun 2024, jangan sampai golput, berikan hak suaranya dengan baik dan benar, pilihlah pemimpin yang menurut anda itu sesuai, jangan sampai ada money politik dalam pelaksanaan pemilihan para pemimpin di negeri ini, ” Ungkap Akhmad Sururi pada saat memberikan kata sambutan kegiatan Sosialisasi tentang Pemilu sekaligus Rapat Koordinasi bagi Kepala Madrasah Diniyah Awaliyah Se-Kecamatan Tonjong. Jumat (22/07/2022).

FKDT Kabupaten Brebes, kata sururi menambahkan, sudah dipercaya untuk melakukan sosialisasi dilevel jaringannya, baik di Kecamatan dan Desa. Bentuk kerjasama ini diharapkan untuk mendongkrak perolehan partisipasi sekaligus bentuk peran serta lembaga keagamaan dalam mensukseskan pemilu.

” Terima kasih kepada PPMN Jakarta, yang telah memfasilitasi FKDT Kabupaten Brebes hingga sampai mendapatkan MOU dan masih diminta untuk berperan serta mensosialisasikan pemilu di anggota komunitasnya,” tambah Sururi dengan penuh semangat.

Sementara itu, salah satu Fasilitator Pemilu dari Unsur Jurnalis Warga PPMN Lukmanul Hakim menjelaskan, bahwa peran media sangatlah penting, namun jauh lebih penting jika warga itu dalam mempublikasikan sesuatu terkait pemilu itu dengan bijak, agar status media sosial mereka tidak menimbulkan pemberitaan hoak, nantinya akan muncul banyak publikasi yang dibikin aspal atau Hoak. Bijaklah dalam bermedia sosial, ” sebelum sharing maka pelajari seksama isi dan konten yang ada, jika itu bukan dari tulisannya sendiri, atau mungkin dapat dari media yang belum paham legalitasnya atau reputasinya, maka lebih baik tidak usah dipublikasikan,” terangnya.

Pemilu itu penting, karena melalui pemilu ini, kita akan memberikan hak pilih kita pada 14 Februari 2024 dan pilihlah dengan hati nurani, jangan sampai karena uang lalu pilihan kita goyah, akhirnya kita memilih seseorang karena dibayar.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Brebes Rudi Raharjo, S.AP Pada pengawasan tahapan Pemilu 2024, Bawaslu berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemantauan pemilu. Komitmen tersebut dibuktikan Bawaslu dengan memfasilitasi individu yang terpanggil memantau pemilu untuk dapat bergabung dengan lembaga pemantau berbadan hukum.

Hal itu terutama untuk mewadahi kader pengawas partisipatif dalam mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilannya dalam pemantauan pemilu. Lebih jauh, itu juga untuk membuka sebesar-besarnya partisipasi masyarakat dalam mengawasi perhelatan demokrasi. Kader pengawas partisipatif adalah Sekolah Kader Pegawas Partisipatif (SKPP) yang diselenggarakan Bawaslu. Jumlahnya mencapai hampir 11.000 orang sejak 2018 hingga 2021.

Untuk menjamin objektivitas pemantauan pemilu, independensi menjadi prinsip yang harus dijunjung tinggi oleh pemantau pemilu. Seluruh pemangku kepentingan serta masyarakat secara umum dapat melaporkan kepada Bawaslu jika terdapat indikasi maupun bukti ketidaknetralan pemantau pemilu. Selain itu, pemantau pemilu harus berkomitmen tinggi untuk menyampaikan laporan hasil pemantauan kepada jajaran Bawaslu sesuai dengan program dan wilayah pemantauannya. Selain untuk monitoring dan konsolidasi data pengawasan, hal ini bertujuan untuk memperkaya analisis tindak lanjut serta sebagai bahan evaluasi kegiatan pengawasan secara komprehensif.

Kontributor – Bahrul Ulum (KJW PPMN Kab. Brebes )

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.