ipkab
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

IPeKB Cabang Brebes Gelar Baksos di Sridadi

Brebes (kombes.net) – Ikatan Penyuluh KB (IPeKB) Indonesia Cabang Kabupaten Brebes mengadakan kegiatan Bakti Sosial, Minggu (24/7). Kegiatan yang bertempat di Dusun Pringanamba Desa Sridadi Kecamatan Sirampog ini dilaksanakan dalam rangka ikut menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) IPeKB Indonesia yang ke – 15. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Penyuluh KB Kabupaten Brebes.

Ketua Umum IPeKB Indonesia Cabang Kabupaten Brebes Iman Solikhin selaku menyampaikan bahwa selain dalam rangka HUT IPeKB Ke – 15 Tahun 2022, kegiatan bakti sosial ini juga bertujuan untuk semakin mendekatkan Penyuluh KB dengan masyarakat.

“Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Bakti Sosial ini selain sebagai bagian dari peringatan HUT IPeKB Indonesia yang ke – 15, juga sebagai upaya kami selaku Penyuluh KB Kabupaten Brebes untuk semakin dekat dengan masyarakat. Karena hampir sebagian besar waktu kami, Penyuluh KB bersama dengan masyarakat” ujar Iman yang juga merupakan Penyuluh KB Kecamatan Tonjong.

Lebih lanjut Iman menyampaikan, bahwa salah satu isu utama Program Bangga Kencana saat ini adalah terkait dengan upaya penurunan angka Stunting. Oleh karena itu, tema kegiatan bakti sosial ini adalah Sinergitas Penyuluh KB Lintas Generasi, Wujudkan Indonesia Bebas Stunting.

“Salah satu tugas Penyuluh KB saat ini adalah ikut membantu pemerintah terkait dengan upaya penurunan angka stunting. Oleh karena itu, hari ini di moment yang baik ini, kami juga hadir untuk berbagi cerita berbagi pengalaman dengan warga masyarakat, khususnya keluarga resiko stunting. Jadi KIE hari ini kami kemas secara santai,” tambahnya.

Sementara itu Kepala DP3KB Kabupaten Brebes, Sri Gunadi Parwoko yang juga hadir dalam kegiatan tersebut dalam sambutannya memberikan apresiasi dengan adanya kegiatan Baksos IPeKB ini. Sri Gunadi menyampaikan bahwa ke depan tugas Penyuluh KB semakin kompleks, tidak hanya terkait dengan kontrasepsi semata, tetapi juga terkait dengan upaya pencegahan stunting. Oleh karena itu, Penyuluh KB harus selalu kompak dan terus meningkatkan kompetensinya.

Kepada warga masyarakat Dusun Pringanamba Desa Sridadi, Sri Gunadi berpesan agar terus berupaya untuk meningkatkan derajat kesehatannya. “Kepada para Ibu Hamil saya tekankan untuk jangan lupa melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin, minimal sebanyak enam kali selama masa kehamilan. Kemudian sesaat setelah melahirkan gunakan kontrasepsi jangka panjang. Bagi ibu baduta dan balita, saya berpesan untuk berikan pola asuh yang baik. Karena masa baduta merupakan periode emas perkembangan anak” tegas Sri Gunadi.

Sementara itu, Sudiryo selaku Kepala Desa Sridadi menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran IPeKB Cabang Kabupaten Brebes di desanya. Sudiryo, juga berharap agar kegiatan yang positif ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat Desa Sridadi, tetapi juga bermanfaat bagi para Penyuluh KB yang ada di Kabupaten Brebes.

“Saya juga berharap semoga kegiatan ini bisa memberikan dampak yang positif dalam upaya pengembangan Program KB, khususnya dalam upaya pencegahan dan penurunan kasus stunting di Desa Sridadi. Terlebih Desa Sridadi merupakan salah satu lokus intervensi stunting. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada IPeKB Kabupaten Brebes” lanjut Sudiryo.

Selain KIE yang dilakukan oleh Penyuluh KB Kabupaten Brebes kepada para keluarga Resiko Stunting, dalam kegiatan bakti sosial ini juga dilakukan pemberian bantuan paket sembako kepada warga masyarakat. Bantuan paket sembako ini diberikan sebagai wujud tanggungjawab sosial IPeKB Indonesia Cabang Kabupaten Brebes. ( Mam/BU)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.