WhatsApp Image 2022-04-25 at 12.27.04
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Ismail : Hindari Upload Data Pribadi, Salahsatu Cara Mengamankan Akun

Brebes – Beberapa trik atau Langkah yang bisa dilakukan agar akun kita aman dari hacker salahsatunya adalah hindari upload data pribadi ke media sosial contoh upload Kartu Tanda Penduduk (KTP) khususnya Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Disampaikan Ismail Fuad dalam Pelatihan Hukum Pers Pencegahan Berita Hoak dan Keamanan Digital Di Media Sosial Bagi Jurnalis Warga Kabupaten Brebes, yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) bertempat di Waskita Literasi Desa Rengasbandung Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes, Senin (25/04/2022).

Belakangan ini banyak sekali berita Hoak atau berita tidak benar yang beredar di media sosial. Bahkan banyak orang yang menjadi korban karena akun pribadinya disusupi atau istilah sekarang adalah kena hacker. Maka beberapa hal yang harus dilakukan agar akun kita aman adalah memastikan data kita terjaga, hindari upload KTP/NIK di media sosial, jangan asal klik link yang belum jelas, dan hati—hati saat membaca atau mencermati aturan atau pedoman dalam mengakses beberapa aplikasi, jelas Ismail Fuad salah satu narasumber dari Radar Tegal.

“Jangan mudah memberikan data pribadi kepada siapapun, seperti nama ibu karena berhubungan dengan pembuatan rekening bank dan NIK sebagai identitas resmi warga negara,” jelas Ismail.

Anton Maulana Ibrahim, M.Kom sebagai salahsatu narasumber dari Kepala Pengembangan Sistem Informasi Politeknik Mitra Karya Mandiri, mengatakan ada 8 cara membedakan berita hoak atau bukan yaitu pemilihan kata—kata janggal, seolah persuasive dan memaksa, sumber berita kurang familiar, desain laman yang aneh, penggunaan huruf-huruf besar dan tanda seru, tidak ada kejelasan informasi soal waktu, berisikan opini seseorang bukan fakta, domain situs URL tidak benar, dan cek google untuk mengetahui informasi hoak atau bukan.

Salah satu yang bisa digunakan untuk mengakses atau mengecek berita hoak adalah dengan mengunjungi portal masyarakat anti fitnah Indonesia (mafindo), https://turnbackhoak.id, bisa juga melalui https://aduankonten.id. Pesan narasumber adalah alau mau menjadi jurnalis warga, harus pedomani yang ada dan berhati-hati agar jangan sampai menyalahi kode etik jurnalistik. Contributor Her

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.