foto4
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Jurnalis Warga Sebagai Fungsi Kontrol Sosial

Brebes (kombes.net) – Media sosial sebagai sarana penyampai informasi terkini merupakan jalan terempuk bagi para pelaku hoax. Berita bohong dan negative dengan mudah tersebar di media sosial yang menyebabkan masyarakat kebingungan akan kebenaran fakta berita. Media sosial diibaratkan sebagai dua mata pisau yang bisa saja bermanfaat atau bahkan membahayakan dalam penyebarluasan informasi. Hal itu yang menyebabkan berita hoax mudah diakses.

Berangkat dari keresahan tersebut, pada Rabu, 25 April 2022 Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) mengadakan pelatihan hukum Pers pencegahan berita hoax dan keamanan digital di Media Sosial bagi para Jurnalis Warga yang bertempat di Meeting Room Waskita. Pelatihan tersebut mengangkat tema “ Bersama Jurnalis Warga, Sukseskan Pemilu 2024”. Tema tersebut merupakan bentuk edukasi menjelang pemilu 2024 yang agaknya sekarang sudah cukup ramai diperbincangkan.

Pelatihan ini ditujukan kepada para jurnalis mengingat mereka berperan sebagai Control Social sebagai orang yang pertama kali harus mencari kebenaran berita. Tidak hanya itu, suatu berita juga akan mudah tersebar ketika pembawa berita memiliki pengaruh besar di Masyarakat.

Anton Maulana Ibrahim S. Kom M. Kom sebagai salah satu narasumber pelatihan tersebut mengungkapkan “ Hoax akan mudah menyebar ketika disampaikan oleh public figure”.

Banyaknya berita hoax yang menyebar di sosial media membuat Kominfo harus mengoptimalkan upaya untuk menghentikan penyebarluasannya. Untuk saat ini, Kememtrian komunikasi dan Informatika telah menghadirkan  Cyber drone 9 sebagai alat pemblokiran berita negative yang menjadi pengganti trust+ yang sudah dibubarkan.

Lebih jauh lagi, Anton menambahkan, saat ini juga sudah tersedia wadah bagi masyarakat untuk melakukan pengaduan konten berita negative. Diantara media yang dapat diakses yaitu laman https://www.mafindo.or.id/ dan Turnbackhoax.id. Sebagai closing statement, narasumber berpesan supaya berhati-hati dalam menggunakan sosial media supaya dapat menghasilkan sesuatu yang positif.

Kontributor : Alda JW PPMN

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.