Pendampingan FMPP Kecamatan Banjarharjo
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Mengenal FMPP Untuk Peningkatan IPM

Forum Masyarakat Peduli Pendidikan  (FMPP) adalah sebuah lembaga non profit dan berbasis masyarakat, yang mendapatkan pengakuan hukum kelembagaan dari Pemerintah Kabupaten Brebes melalui surat keputusan Bupati, untuk mendukung upaya pengembalian anak ke  sekolah dalam rangka memenuhi hak-hak anak, terutama hak tumbuh kembang dan hak perlindungan anak, serta akselerasi peningkatan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) di bidang pendidikan.

Dalam upaya pengembalian anak ke sekolah, Ir. Djoko Gunawan, selaku Sekda Kabupaten Brebes menentukan 3 kriteria terhadap anak-anak yang berhak mendapatkan pendidikan sekolah berdasarkan pendataan FMPP, yaitu anak yang belum sekolah, anak putus sekolah, dan anak lulus tapi tidak lanjut.

“Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) adalah upaya pemerintah Kabupaten Brebes untuk mengatasi Anak Tidak Sekolah (ATS), agar kembali bersekolah dengan kriteria yang ada yaitu belum sekolah, putus sekolah, dan lulus tapi tidak lanjut”, jelas Ir. Djoko Gunawan.

Ir. Djoko Gunawan juga menegaskan agar semua anak di Kabupaten Brebes bisa bersekolah, karena anak-anak mempunyai hak yang sama dalam memperoleh pendidikan.

Sementara itu, Rojat, S.Pd, M.Pd, selaku Kabid Dikdas Dindikpora mengatakan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi ATS yang di kembalikan melaui GKB.

“Pihak kami akan memastikan validitas data benar, memastikan ATS yang sudah belajar di sekolah, ada anggaran stimulan untuk membantu mereka lewat APBD dan memastikan tidak adanya dobel anggaran antar sumber dana”, jelas Rojat bersemangat.

Dengan adanya peran serta  masyarakat dan pemerintah tentang pentingnya pendidikan sebagai salah satu hak anak, maka perlunya di bentuk suatu wadah atau forum yang terdiri dari orang-orang yang peduli dengan pendidikan, yang nantinya dalam forum tersebut di hasilkan data anak-anak yang tidak sekolah dengan 3 kriteria yang telah di sebutkan di atas, agar anak-anak tersebut mau bersekolah kembali, dan forum tersebut di namakan FMPP.

Dari FMPP itulah, di harapkan nantinya dalam jangka panjang akan meningkatkan Indek Pembangunan Masyarakat (IPM). Dikatakan jangka panjang, karena IPM terbentuk melalui proses yang tidak sebentar. Terpenuhinya hak-hak anak, munculnya kesadaran bagi orangtua dan masyarakat tentang arti pentingnya pendidikan, secara pelan namun pasti akan membentuk kepribadian dan karakter bangsa dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih unggul dan berkualitas.

Dari Badan Pusat Statistik (BPS), telah merilis beberapa indikator strategis terkait IPM , antara lain yakni pertama, Tahun 2019, IPM Indonesia mencapai 71,92%. Angka ini meningkat sebesar 0,74% di banding tahun sebelumnya.
Bagi bayi yang lahir tahun 2019, akan memiliki harapan untuk dapat hidup hingga 71,34%. Lebih lama 0,14 tahun di banding dengan mereka yang lahir di tahun sebelumnya.

Kedua, Anak anak yang pada tahun 2019 berumur 7 tahun, memiliki harapan untuk dapat menikmati pendidikan selama 12,95 tahun. Keadaan ini hampir setara dengan masa pendidikan untuk menamatkan jenjang diploma 1. Lebih lama 0,04 tahun di bandingkan dengan yang berumur sama pada tahun sebelumnya.

Ketiga, Penduduk yang berumur 25 tahun ke atas, secara rata-rata telah menempuh pendidikan selama 8,34 tahun, setara dengan masa pendidikan untuk menamatkan jenjang kelas 1 kali, lebih lama 0,17 tahun di banding tahun sebelumnya.

Keempat pada tahun 2019, masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan hidup dengan rata-rata pengeluaran per kapita yang di sesuaikan (PPP) sebesar 11, 30 juta rupiah per tahun. Hal itu meningkat 240 ribu rupiah di banding pengeluaran tahun sebelumnya. (Dok.kompas.tv)

Demikian beberapa kemajuan yang di capai dari hasil IPM Indonesia. Dengan adanya pembentukan FMPP di setiap daerah dengan program kerjanya yaitu GKB, diharapkan semua anak Indonesia bisa mengenyam pendidikan, bangsa Indonesia bisa melahirkan generasi penerus yang cerdas dan tangguh, berdaya dan berhasil guna.

Nur Khasanah ( Kompasianer Brebes tinggal di Paguyangan | KBC-027 – Kombes  )

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.