Ilustrasi
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Pandemi Covid 19, MPC Hanya Melayani Konsultasi Online dan Terapi Online

Siang KomBes,

Covid 19 telah banyak mengubah tatanan kehidupan dan pola hidup manusia, ada banyak hal pelajaran yang tidak pernah sebelumnya dibayangkan manusia tentang keadaan tahun 2020, dan covid telah memberikan pembelajaran yang sangat luar biasa.

Pola hidup dan pola pikir manusia mendadak dipaksa dipaksa berubah, tinggal stress dan tekanan hidup menjadi semakin besar dan tidak jarang membuat seorang mengalami gangguan pikiran bahkan prilaku.

Ketakutan, kecemasan, was – was, panik sampai dengan depresi, menarik diri, bingung dan ada kasus lain yang justru seorang menjadi sangat emosional, ini tidak luput dari perubahan pola prilaku dan interaksi yang selama covid 19 ini mengalami banyak perubahan.

Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ), Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PKM ) sampai dengan Lockdown tentu menghadirkan pengaruh pada bidang lain seperti ekonomi, sosial bidaya maupun dengan psikologi seseorang.

Sekolah yang telah lama libur ( belajar dari dumah ), pekerjaan sudah juga lama dikerjakan dari rumah ( Work From Home / WFH ), banyak toko, indutri yang menutup jam operasionalnya, banyak karyawan yang dirumahkan, sementara kebutuhan hidup tetap berjalan dan pemberitaan media yang masif tentang covid 19.

Sepanjang bulan April 2020 jumlah klien yang menghubungi Griya Hipnoterapi MPC ( Hipnoterapi Brebes ) meningkat untuk meminta layanan sesi hipnoterapi terkait gangguan pikiran khususnya dan sebagian kecil adaalah gangguan prilaku baik kecanduan game online, sampai dengan prilaku menyimpang seksualitas.

Griya Hipnoterapi MPC sesuai arahan dari organisasi hipnoterapi Perhimpunan Praktisi Hipnosis dan Hipnoterapi Indonesia ( PRAHIPTI ) Pusat sejak tanggal 1 April 2020 tidak membuka layanan sesi terapi / hipnoterapi langsung, dan tentu ini menghadirkan kekecewaan beberapa klien yang merasa bahwa ia sangat membutuhkan layanan terapi segera terkait gangguan pikiran yang terjadi.

Konsultasi Online

Terkait hal tersebut pada awalnya pengelola Griya Hipnoterapi MPC tetap pada pilihannya tidak membuka layanan langsung baik sesi konsultasi maupun sesi terapi, dan ini berlangsung selama 2 minggu, kenapa ?

Karena faktanya dilapangan bahwa masih ada beberapa klian yang tetap maksa datang ke Griya Hipnoterapi MPC untu konsultasi langsung dan memaksa minta diterapi walau pada akhirnya harus ditemui diluar sebatas sebuah arahan dan edukasi untuk mencegah penularan covid 19 dan memberikan pemahaman / edukasi tentang keluhan yang dialami klien.

Hal yang menarik, dari mereka yang telah membandel datang mereka pada akhirnya melanjutkan komunikasi dan konsultasi via online ( menggunaakan chat / teks via WhatsApp ), ini tentu bukan tidak kebetulan bahwa dari sekian klien yang melaakukan hal yang sama konsultasi via WhatsApp secara otomatis mendapatkan arahan atau panduan bimbingan untuk melakukan hal – hal yang akan membantu ia menyelesaikan atau keluar dari zona tidak nyaman dari gangguan pikiran yang ia alami.

Uji Efektifitas Konsultasi Online

Sejujurnya saat kegiatan yang sebelumnya hanya dilakukan karena terpaksa klien berkomunikasi (konsultasi) secara online terkait efek pandemi covid 19, belum muncul gagasan membuka layanan konsultasi online maupun terapi online, ini terkait efektifitas layanan yang tentunya akan berbeda dengan layanan yang dilakukan langsung.

Selain saya mengamati klien yang konsultasi secara online dan menjalani terapi online, dengan memandu dan membimbingnya menuju kesadaran atas kesehatan mentalnya baik dengan tehnik hipnoterapi maupun tehnik terapi lain, ternyata mengalami perubahan yang relatif sangat baik dan efektif bagi klien tertentu.

Tentu ini tidak bisa disama ratakan dan diberlakukan secara general pada semua klien, itu dalam pemahaman saya. Saya mencoba mencari literatur lain terkait bagaimana konsultasi online atau terapi online dan ternyata, Terapi online atau dikenal sebagai e-therapye-counselingtelepsychology, atau cyber-counseling, adalah sebuah metode terapi yang menghubungkan antara konselor dengan pasiennya melalui dunia maya.

Saya semakin yakin dimasa pandemi Covid 19 ini tidak elok kalau layanan terapi benar – benar ditutup dan tidak memberikan layanan, mengingat mendengar mereka berkeluh baik via chat WhatsApp, atau telpon dan berharap layanan terapi segera dibuka dan membantunya, ini menjadi beban pikiran yang luar biasa.

Akan tetapi melihat perkembangan pandemi Covid 19 yang masih seperti sekarang tentu bukan langkah yang bijak kalau membuka layanan terapi langsung, dan disini mulai tanpa sadar melakukan sesi konsultasi online bahkan masuk pada jenjang terapi online.

Dikutip dari www.halosehat.com, saat konsultasi online dijelaskan bahwa konselor hanya bisa memberikan dukungan psikologis melalui internet, baik lewat aplikasi pesan instan, email, atau video call.

Walai masih dipandang sebelah mata oleh sejumlah ahli kesehatan mental di dunia. Terapi online, menurut studi yang diterbitkan pada World Journal of Psychiatry, pasien yang menerima layanan kesehatan mental melalui video call mengalami perubahan psikologis yang lebih baik daripada sebelumnya.

Terapi online  tanpa tatap muka sebenarnya bukan terapi baru, jauh di masa lampau komunikasi ini sudah pernah dilakukan oleh Bapak psikoanalisis, Sigmund Freud bahkan menggunakan surat untuk berkomunikasi dengan kliennya.

Griya Hipnoterapi MPC Mantap Hanya Memberikan Layanan Online

Hal tersebut diatas yang mendasari MPC mantap hanya memberikan layanan online selama masa pansemi Covid 19, hal ini tentunya demi kebaikan bersama dalam kondisi yang serba terbatas.

Walaupun terapi online tidak dapat menggantikan terapi langsung ( tatap muka ) akan tetapi sangat efektifitas untuk membantu klien dalam kondisi darurat segera agar tidak mengalami gangguan yang lebih berat.

Terapi secara online tetap bisa dilakukan untuk membantu menyelesaikan masalah kehidupan, pekerjaan, maupun percintaan yang berdampak buruk pada kondisi psikologis seseorang. Khususnya pada saat semua wajib #dirumahaja dan #jagajarak maka konsultasi online (konsultasi pikiran online) maupun terapi online (hipnoterapi online) menjadi alternatif pilihan anda yang sedang mencari layanan terapi karena gangguan pikiran dimasa pandemi covid 19, akan tetapi membutuhkan solusi secepatnya agar tidak memperparah gangguan psikologis yang dirasakan.

Waspada Memilih Layanan Konsultasi dan Terapi Online

Hal ya perlu diketahui semua masyarakat adalah anda perlu waspada menggunakan jasa layanan online baik konsultasi maupun terapi online dengan memastikan lembaga atau terapit yang memiliki kompetensi dan kredibitaitas terkait menjaga kerahasiaan data anda dan efektifitas proses terapi anda.

Pastinya terapi online tidak bisa dilakukan dengan semua orang ada hal – hal yang akan meningkatkan efektifitas layanan ini pada orang tertentu baik terkait pengetahuan akan tehnologi maupun terkait dengan kasus yang dialami atau tingkat sugestibility seseorang.

 

 

Aziz Amin | Kompasianer Brebes KBC-10
Hypnowriter ( Copywriter, Conten Writer ), Trainer & Hipnoterapis,
WA : 0858.6767.9796

 

Artikel ini telah diterbitkan di www.kompasiana.com dengan judul Covid 19, Konsultasi Online dan Terapi Pikiran Online Jadi Kebutuhan “

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.