IMG-20191202-WA0068
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Pengalaman Menjadi Anggota FMPP Desa Cenang

Saya tidak pernah membayangkan akan menjadi salah satu anggota organisasi kemasyarakatan semacam FMPP. FMPP yaitu Forum Masyarakat Perduli Pendidikan yang bergerak di bidang pendidikan. FMPP Desa Cenang dibentuk pada tahun 2017 yang anggota nya dari berbagai unsur seperti tokoh pendidikan, tokoh agama, dan tokoh pemuda. Dibentuknya forum ini karena kasus anak  tidak sekolah di Cenang cukup banyak.

Sebagai tenaga pengajar di Mts. Riyadlotul U’qul Cenang, saya sudah terbiasa menghadapi anak yang bermasalah. Yang pada akhirnya membuat mereka putus sekolah. Alasan mereka pun beragam dari masalah ekonomi, lingkungan, atau rasa bosan atau malas untuk sekolah.

Salah satu tugas sebagai anggota FMPP adalah pendampingan terhadap anak-anak yang berhasil dikembalikan ke sekolah. Kami sebisa mungkin memberi semangat serta motivasi kepada mereka untuk terus bersekolah. Mereka rentan  putus sekolah kembali. Karena terkadang rasa malu ataupun ejekan teman yang membuat mereka akhirnya putus sekolah lagi.

Saya bersama teman lainnya sering berkunjung ke rumah anak GKB(Gerakan Kembali Bersekolah), tidak hanya anaknya yang perlu pendampingan namun orang tuanya pun harus diedukasi bagaimana pentingnya pendidikan. Karena akan percuma juga kalau anaknya semangat tapi orang tua tidak perduli. Jika pendampingan tidak dilakukan secara intensif maka mereka akan kembali putus sekolah. Seperti yang terjadi satu tahun lalu, ada 2 anak yang memutuskan untuk keluar lagi.

Selain memberi semangat melalui wejangan-wejangan, saya juga sering bercerita tentang pengalaman saya ketika dulu bekerja sambil kuliah. Dengan  harapan mereka juga bisa melanjutkan kuliah.

Tahun kemarin sudah ada 2 anak GKB di Mts.Riyadlotul U’qul yang lulus. Satu anak bersekolah lagi di SMK. Dan tahun ini ada 10 anak yang akan lulus. Selama mendampingi mereka banyak suka dukanya. Banyak menguras emosi jiwa juga. Here..tapi ketika mereka lulus dan bisa melanjutkan ke tingkat berikutnya, disitulah saya merasa sangat bahagia.

Roikhatul Janah. KBC-40. Tinggal di Cenang Songgom Brebes.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.