FMPP Kec tonjong
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Penguatan FMPP Lewat Peningkatan Kapasitas

Pengurus Forum Masyarakat Peduli Pendidikan ( FMPP) Kecamatan dan Desa harus mendapatkan peningkatan kapasitas yang berkesinambungan, sangat penting apabila mereka mendapatkan pemahaman tentang apa itu tugas FMPP seperti pendataan, pengembalian, pendampingan dan pengggalian dana. Mereka juga dikenalkan bagaimana praktek terbaik dalam melakukan pendataan, cara mengembalikan ATS ke sekolah, dan bagaimana mendampingi ATS saat mereka drop out.

Apa yang dilakukan oleh FMPP Kecamatan Tonjong misalnya, hari ini, jumat ( 10/07/2020) mengadakan sosialisasi penguatan bagi FMPP Desa, mereka memfasilitasi secara mandiri kegiatan FMPP Kecamatan dengan dukungan dari Kecamatan. Ini artinya komitmen Kecamatan sangat baik, belum lagi para pengurus FMPP Desa bisa bertanya langsung atas kondisi di desanya.

Kendala yang kentara sebenarnya pada pembiayaan fasilitasi, karena dari Kabupaten tidak memberikan dukungan penuh kepada masing-masing FMPP Kecamatan untuk menghadirkan FMPP Desa, dana yang diberikan dari APBD untuk dukungan penuh kepada penerima Bantuan sosial Anak Tidak Sekolah (ATS), sehingga mekanisme secara manajerial di masing-masing kecamatan pun tidak terstandarisasi.

Pada Pasal 18 Bab IX Pembiayaa di item 5 Pemerintah Kabupaten Bermitra dengan FMPP untuk menghimpun dan menyalurkan dukungan pembiayaan pendidikan dari unsur non pemerintah, dan melaporkan penerimaan dan penggunaan dukungan pembiayaan pendidikan kepada Bupati dengan tembusan kepada donatur.

Payung Hukum di level Kabupaten hingga ke desa untuk Penanganan Anak Tidak Sekolah (PATS) melaluiĀ  Peraturan Bupati Brebes No. 115 tahun 2017 tertanggal 22 Desember 2017 tentang Rintisan Penuntasan Pendidikan dua belas tahun Kabupaten Brebes, sedangkan payung hukum SK FMPP Kabupaten termasuk SK Tim GKB Kabupaten Brebes.

Konsistensi dalam mendampingi ATS akan berdampak pada percepatan penanganan anak tidak sekolah di Daerah, selain itu teman-teman FMPP Kecamatan dan Desa juga harus memahami tiga kategori ATS yakni: Anak Putus Sekolah, Anak Tidak Lanjut, Anak Belum Sekolah, dan mereka bisa sekolah, maka akan mendongkrak IPM Brebes secara lebih baik.

Dukungan dari Civil Society seperti GKB, FMPP, Organisasi NU, Organisasi Muhamadiyah, PGRI, Dewan Pendidikan, Pendamping Desa, Pendamping PKH, termasuk Forum PKBM menjadi penting untuk Mensukseskan GKB.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.