foto 3
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

PPMN Selenggarakan Pelatihan Hukum Pers Bagi Jurnalis Warga

Brebes ( www.kombes.com) – Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara ( PPMN ) menyelenggarakan Pelatihan Hukum Pers bagi Jurnalis Warga di Rumah Literasi Waskita Kedung Tukang, Brebes Jawa Tengah, Senin, (25/04/2022).

Hadir 10 orang jurnalis warga Kabupaten Brebes sebagai peserta dan narasumber Ismail Fuad Redaktur Radar Tegal dan Anton Maulana Ibrahim, S.Kom, M.Kom Kepala Pengembangan Sistem Informasi Politeknik Mitra Karya MandirI Ketanggungan Brebes.

Anton Maulana Ibrahim dalam paparannnya menegaskan bahwa jurnalis warga sebagai kontrol sosial, dan perlu memahami berita – berita hoax dan bukan.

” Pentingnya filter atau melakukan konfirmasi dari sumber berita sebelum publikasi berita, ” tegasnya.

Lanjut Anton, selain hal itu jurnalis warga juga dapat memberikan edukasi terkait informasi terkait pemilu atau informasi lain untuk menghindari berita hoax.

” Masyarakat luas bisa ikut terlubat dan berperan menangkal beRTota hoax menjelang pemilu, dengan mengetahui ciri khas dengan mengetahui cara cej berita hoax dan melaporkannya, dan ini peranan jurnalis warga memberikan edukasi pada masyarakat,” tambahnya.

Ismail Fuad, menyampaikan materi terkait hukum pers, dan pentingnya jurnalis memegang teguh kode etik jurnalistik.

” Jurnalis Warga juga perlu berhati – hati dalam menuliskan berita harus berimbang dan minimal ya memperhatikan kode etik jurnalistik, jangan sampai niatnya memberitakan kejadian tapi melanggar UU ITE ” tegasnya.

Heni ( JW PPMN untuk Pemilu )

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.