pelatihan Kombes
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Sekolah Penulis Kombes

Komunitas Kompasiana Brebes (Kombes) mengadakan pelatihan menulis dikemas dengan “sekolah penulis kombes”, sebuah wadah ngumpul kompasianer Brebes untuk belajar, berlatih dan berkarya demi tulisan. Ada tiga puluh peserta yang mengikuti sekolah ini, mereka berasal dari kalangan santri, pengusaha, dosen, perangkat desa, jurnalis warga, jurnalis televisi, praktisi youtube, anggota kompasianer Brebes. Mereka mendapatkan pelatihan di PKBM Trimulya Pratama Dukuhmaja Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes.

Dizman Kompasiana salah satu kompasianer “penjelajah” bergabung dengan kompasiana sejak 29 Mei 2009 dengan  14.996 Poin dengan total penulisan ada 770  dan artikel utama ada 243 artikel, ini artinya ada 30 persen tulisan dia masuk AU atau artikel utama.

Dizman memberikan jurus jitu bagi para kompasianer dimana pun termasuk memberikan tips kepada para penulis kompasiana Brebes yang mengikuti pelatihan. Jurus yang diberikan oleh Dizman ada 6 cara :

1. Unik. Unik disini adalah artikel yang ditulis harus mengambil judul yang unik dan mengelitik, memiliki aspek yang berbeda dan berdampak pada masyarakat secara luas, termasuk memberikan keyword yang tepat maka akan dilihat oleh kompasianer masuk dalam artikel utama. Ulas judul tersebut secara komprehensif.

2. Pengalaman Pribadi dengan isu aktual.

Pengalaman pribadi yang dibumbui dengan kondisi aktual akan semakin menggigit.

Contohnya anda bekerja di Asuransi Jiwa Sraya, saat perusahaan tersebut ada masalah dan anda memberikan penilaian atas pengalaman anda saat di lembaga itu, maka akan terperinci, dan ini disukai oleh kompasiana ketika ada pengalaman khusus, seperti halnya pengalaman kompasiana.com/penaulum saat membuat judul

3. Aktual : Tematik aktual sangat disukai oleh viewer di kompasiana, saat anda bisa membuat judul yang aktual atas isu-isu utama negeri ini, maka akan semakin dibaca oleh viewer seluruh Indonesia. semakin tulisan anda mengambil tema yang hot misalnya baik di isu politik, ekonomi atau humaniora yang anda maka akan mudah mendapatkan Artikel Utama.

4. Citizen Journalism :  Judul yang dipilih para kompasianer dengan mempublikasikan sesuatu tematik misalkan ada warga menaruh spanduk di halaman pekarangannya karena lahannya digunakan oleh seseorang untuk membuah sampah, lalu pemilik memasang spanduk dengan tulisan Tempat ini telah dipasang CCTV, padahal hanya sebagai tulisan saja. namun ternyata manjur dengan tulisan tersebut. ini bisa dipublikasikan.

5. Beda Sudut Pandang.

Anda dalam menulis harus beda pendapat dengan orang lain.

Misalnya disaat orang membuly Gubernur DKI Jakarta, anda coba menulis keberhasilan Anies.

6. Dikasih gambar dan tulisan di tebelin : Tulisan anda akan dilirik oleh kompasiana dan menjadi Artikel utama biasanya menulis ulasan yang komprehensif, disertai dengan data dan fakta dan analisis yang bagus maka saat tulisan anda bentuk teks, namun pihak admin kompasiana tahu kualitas tulisan anda, maka akan diberikan gambar oleh pihak kompasiana, kemudian teks yang belum ditebalin akan ditebalin sama pihak kompasiana.

Jangan menyerah, Banyak Cara Mendapatkan Artikel Utama. Tetap semangat, sahabat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.