IMG-20191125-WA0031
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on whatsapp

Tak Kenal maka Tak Sayang dengan PKBM Maju Bersama

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Maju Bersama Desa Cenang dibentuk untuk mengurangi anak tidak sekolah di jalur non formal. PKBM ini lahir pada tahun 2017 yang awalnya bermarkas di Balai Desa Cenang. Berkat dukungan dari Desa dan pihak lain, akhirnya pengurus PKBM mampu mengontrak sebuah rumah beralamat di jalan raya Wijahan Cenang RT 4 RW 5. Yang sekarang juga memiliki koleksi buku-buku pelajaran  , buku cerita, dan buku pengetahuan lainnya.

Pengurus PKBM adalah tokoh pendidikan dan masyarakat Cenang sendiri. Mereka adalah H.M Widodo,S.Pd selaku Ketua, Moh.Pahruroji,S.Pd.I menjabat Wakil Ketua, Imam Fahroji ,S.Pd sebagai Sekretaris serta Roikhatul Janah bertugas menjadi Bendahara. Selain sebagai pengurus mereka juga menjadi tutor. Ada juga Marine Oktavirani Dewi ,M.Pd, SartonoS.Pd dan Tarmun,S.E .J Semuanya berasal dari Cenang. Jadi tidak perlu mencari pengajar dari luar desa. Semuanya ada di desa sendiri. Dari desa untuk desa.

PKBM Maju Bersama Cenang saat ini menjalankan program kesetaraan Paket B dan C. Pembelajaran dilaksanakan pada sore hari. Para peserta didik datang dari tiga dusun yaitu Wijahan, Cenang, dan Tegalurung. Mereka berasal dari berbagai kalangan, mulai ibu rumah tangga, pedagang, petani, sampai karyawan pabrik. Pada masa pandemi ini yang kebetulan bertepatan dengan kegiatan Ujian Akhir Semester Genap(UAS), Peserta didik mengerjakan soal di rumah masing-masing.

Untuk tahun pelajaran 2019/2020 ini jumlah peserta didiknya  Paket B kelas 7 yaitu 17 anak, kelas 9 ada 25, sedangkan paket C kelas 10 berjumlah 10. Tahun ini PKBM akan meluluskan untuk pertama kalinya.

Tidak hanya program kesetaraan paket B dan C , rencananya akan diadakan kursus komputer supaya meningkatkan keahlian. Diharapkan nantinya masyarakat tidak gagap teknologi.

Keberhasilan PKBM tidak mungkin terwujud jika masyarakat nya tidak mendukung. Selama ini masyarakat masih kurang antusias dengan keberadaan PKBM Maju Bersama. Maka dari itulah dilakukan sosialisasi salah satunya melalui selebaran. Semoga dengan hadirnya PKBM ini bisa membuka pikiran masyarakat betapa pentingnya pendidikan.

Kontributor : R. Jannah | Kompasianer Brebes Tinggal di Cenang | KBC-40

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.